
Public relations dewasa ini menjadi salah satu profesi yang cukup banyak diminati. Bagaimana tidak, selain keren profesi public relations juga cukup menjanjikan dan juga menantang. Seiring dengan munculnya perusahaan-perusahaan jasa layanan public relations membuat profesi public relations agency menjadi semakin dikenal akan fungsi dan manfaatnya yang penting.
Selain itu, sekarang ini mempunyai public relations juga menjadi keharusan bagi perusahaan modern yang berkesinambungan langsung dengan masyarakat luas. Profesi ini juga bisa digeluti oleh siapapun dari berbagai latar belakang pendidikan. Tetapi, biasanya mereka yang menjadi seorang public relations ini berlatar dari pendidikan komunikasi dan pemasaran.
Jika membahas mengenai public relations, pastinya akan timbul pertanyaan tentang apa sih itu public relations? Untuk informasi lengkapnya, berikut ini telah kami rangkum pengertian, tujuan tugas dan keahlian.
Apa itu Public Relations?
Secara bahasa public relations diartikan sebagai hubungan masyarakat atau yang biasa dikenal juga dengan humas. Secara sederhana public relations adalah proses interaksi antara suatu organisasi dengan masyarakat umum untuk menciptakan opini atau pendapat publik, menanamkan pemaham terakhiran yang di inginkan contoh kalimat past and background music free lagu rohani kesaksian kidung cinta adalah misteri yang akan terpotong saat sulap kartu vaksin barang sing, memberikan hasil seperti berikut ulasan pengertian, menciptakan partisipasi, serta menumbuhkan motivasi.
Tujuan dari proses tersebut yaitu supaya saling menguntungkan, untuk menanamkan nilai-nilai yang baik sehingga perusahaan bisa mendapatkan citra baik dari publik. Public relations dapat juga didefinisikan sebagai suatu bentuk usaha yang dilakukan secara sengaja dan konsisten untuk membangun dan mempertahankan hubungan baik antara perusahaan dengan masyarakat publik.
Bagaimana Pengertian Public Relations Menurut Para Ahli?
Beberapa definisi atau pengertian public relations menurut ahli, yaitu sebagai berikut:
1. Public Relations Menurut Frank Jefkins
Public relations adalah sesuatu yang mencakup komunikasi yang sudah direncanakan secara menyeluruh, baik itu ke dalam organisasi maupun ke luar organisasi dengan publiknya untuk mencapai tujuan yang spesifik atas dasar saling pengertian.
2. Public Relations Menurut Ipra
Public relations adalah sebuah kegiatan yang saling pengertian supaya dapat memperoleh sisi positif / citra yang baik dari masyarakat / publik.
3. Public Relations Menurut Wilcox
Public relations adalah fungsi manajemen yang melihat dari penilaian public, memperkenalkan berbagai macam prosedur serta kebijakan dari suatu individu maupun organisasi berdasarkan dari kepentingan umum, dan membuat perencanaan hingga pelaksanaan suatu program kerja dalam upaya untuk dapat memperoleh pengertian dan juga pengakuan dari masyarakat secara umum atau public.
Apa Tujuan Public Relations?
Secara umum memiliki public relations yaitu untuk membangun serta memelihara reputasi positif untuk sebuah perusahaan, merek, product atau jasa. Selain itu juga untuk membina sekaligus memelihara hubungan yang strategis dengan public, calon pelanggan, mitra, investor dan lainnya yang berkepentingan.
Public Relations nantinya digunakan bisa membantu dalam menghasilkan sesuatu yang positif. Citra yang terbentuk dari pandangan masyarakat ini diharapkan bisa mencerminkan perusahaan / organisasi tersebut adalah pihak yang sukses, relevan dan juga jujur.
Sementara itu, tujuan dari public relations menurut Rosady Ruslan yaitu:
1. Menciptakan citra yang positif untuk publik dan konsumen.
2. Sebagai pengatur pemasaran dengan saling pengertian antara perusahaan dan kelompok sasaran.
3. Supaya sinergi antara fungsi humas dan pemasaran dapat lebih berkembang.
4. Untuk membangun pengakuan publik serta kesadaran merk.
5. Untuk dukungan bauran dalam pemasaran.
Apa Tugas Public Relations?
Melihat tujuan dari public relations di atas, maka pelaku public relations tentunya mempunyai tugas-tugas yang harus dijalankan. Adapun tugas seorang public relations yaitu sebagai berikut:
1. Menyusun program komunikasi korporat, khususnya untuk yang mempunyai persepsi/ citra.
2. Menjalankan fungsi komunikasi korporat yang direncanakan serta berkesinambungan.
3. Menjalankan evaluasi serta pemantauan kegiatan / program komunikasi yang berjalan.
4. Menyediakan berbagai informasi untuk perusahaan ter-afiliasi mengenai step-step yang akan dicapai perusahaan untuk menyelesaikan problem dan melakukan perubahan.
5. Mendapatkan informasi atas nama organisasi / perusahaan dari publik / pihak luar.
6. Untuk manajemen sebagai media komunikasi internal perusahaan.
7. Memberi jawaban atas pertanyaan, keluhan serta masukkan yang bisa mempengaruhi perusahaan.
Apa Keahlian Yang Harus Dimiliki Seorang Public Relations?
Jika melihat tugas yang dijalankan oleh pelaku public relations, maka tentu seorang public relations harus mempunyai beberapa keahlian tertentu. Adapun beberapa keahlian yang harus dimiliki public relations yaitu sebagai berikut:
1. Komunikasi (Communication)
Komunikasi (communication) menjadi salah satu keterampilan yang sangat mendasar serta wajib ada di diri seorang public relations. Sebab, seorang yang berprofesi sebagai public relation haruslah hebat dalam berkomunikasi verbal seperti (public speaking, presentasi dan interview). Disamping itu, sebagai pelaku public relation juga haruslah hebat dalam berkomunikasi non verbal seperti (membuat press release, tulisan di web perusahaan, tata bahasa maupun juga editing).
2. Riset
Seorang public relation bekerja dengan banyak client dengan bermacam kepentingan. Sehingga seorang public relation juga harus dapat melakukan riset terkait dengan apa yang diperlukan client dengan cepat dan tepat. Tidak heran lagi jika seorang yang memiliki profesi sebagai public relation harus bisa melakukan berbagai riset mengenai tata cara berpikir ok induktif, deduktif, penelitian, wawancara sampai browsing.
3. Dapat Berpikir dan Menguasai Bahasa Asing
Sebuah bisnis dalam era globalisasi ini membuat seorang public relation perlu menguasai bermacam bahasa untuk dapat menjalin hubungan komunikasi yang baik. Mengapa begitu? Tentu karena client public relation bisa saja dari luar negeri atau bisa saja client tersebut bekerja di perusahaan multinasional yang mempunyai keberagaman bahasa dan budaya.
Dalam membuat strategi bisnis di perusahaan, tentu seorang public relation harus paham dengan bahasa yang dipakai clientnya. Disamping itu, sekarang ini bahan-bahan yang dibutuhkan untuk melakukan riset kebanyakan berasal dari luar negeri. Menjadi tidak mengherankan apabila keterampilan bahasa menjadi sebuah hal yang sangat penting untuk pelaku public relations.
4. Mengerti Social Media
Keahlian selanjutnya yang bisa menjadi nilai tambah untuk pelaku public relation yaitu bisa menjalankan bermacam macam platform sosial media dengan baik. Bahkan jika diperlukan pelaku public relations juga harus mempunyai pengetahuan analytic dari sosial media yang dijalankan. Sebab keahlian dalam menjalankan media sosial dibutuhkan untuk seorang public relations, sehingga saat ini sudah ada sosial media agency yakni agen perusahaan sebagai pihak ke3 yang bisa membantu dalam hal membuat, merancang, maupun mengelola kegiatan pemasaran / branding di media-media sosial.
Disamping itu, keterampilan yang lain yang tidak kalah penting dikuasai seorang public relations yakni mudah berbaur, bisa berpikir kreatif, problem solving, serta mempunyai manajemen waktu yang baik. Sebab seorang public relations akan sering sekali dihadapkan dengan acara-acara dalam menjalankan pekerjaannya.
Was this helpful?
2 / 0