
Packaging – Bisnis percetakan packaging mungkin sudah tidak asing kita dengar, ini merupakan sebuah bisnis yang sudah lama ada di Indonesia. Terbukti dengan adanya banyaknya bisnis percetakan packaging yang tersebar di seluruh Indonesia serta memberi jawaban atas kebutuhan banyak para konsumen.
Banyak sekali percetakan packaging yang memberikan kemudahan dan keleluasaan kepada para konsumen dalam menentukan versi mereka, bentuk yang di inginkan, desain ukuran, bahan yang digunakan, warna cetak dan finishing yang akan disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan mereka. Lalu apa sih itu packaging? Penjelasan lengkap mengenai pengertian packaging dan fungsinya bisa Anda simak dibawah ini.

Apa itu Packaging?
Secara umum Pengertian Packaging adalah kemas (pengemasan), wadah atau material yang dipakai sebagai alat untuk melindungi suatu produk atau barang dari benda-benda seperti debu atau kotoran supaya tidak mencemari atau merusak barang yang ada di dalamnya.
Packaging secara sederhananya bukan hanya sebagai proses perlindungan saja, akan tetapi juga bisa sebagai sarana untuk promosi yang bisa menjadi daya tarik untuk mengundang minat para pembeli. Hal ini dapat di lihat pada saat kita sedang berada di sebuah minimarket dan melihat beberapa ke rak makanan. Pasti diantara rak tersebut ada makanan yang memiliki kemasan menarik perhatian sehingga dapat membuat penasaran hingga akhirnya akan menarik calon pembeli.
Packaging mempunyai berbagai jenis yang didesain secara khusus untuk setiap jenis produk yang akan dikemas, misalnya seperti produk makanan, minuman, parfum, shampoo, elektronik dan lain sebagainya. Produk yang di kemas dengan packaging menarik tentu akan memiliki nilai tambah sendiri dan akan cukup mempengaruhi pandangan calon pembeli tentang produk tersebut.
Selain itu, Packaging juga termasuk dalam strategi pemasaran. Sehingga bagi Anda yang ingin berjualan sebuah produk jangan sampai melewatkan desain packagingnya, buatlah packaging yang semenarik mungkin untuk memikat orang untuk membelinya.
Apa Fungsi Packaging?
Selain untuk melindungi barang dan memberikan nilai plus bagi produk, ada juga beberapa fungsi lain dari packaging ini Beberapa fungsi packaging, yaitu sebagai berikut:
1. Sebagai kemasan yang bisa menambah daya tarik produk.
Kemasan yang bagus akan memiliki daya tarik tersendiri, meskipun hanya produk sederhana dan banyak ditemukan dipasaran tetapi jika dipacking dengan menarik maka akan menjadikan produk tersebut terlihat unik dan berbeda dengan produk yang lain.
2. Sebagai bahan promosi
Packaging juga dapat digunakan sebagai bentuk promosi yang akan sangat memberikan pengaruh, sebab orang akan lebih mudah mengingat sebuah produk dari nama dari kemasan atau packagingannya. Sebagai contoh, pada saat Anda sedang mencari pasta gigi dengan merk Ciptadent di suatu minimarket, sebelum Anda mengambil produk tersebut di rak tentu Anda sudah mengenali kemasannya meski dari kejauhan.
3. Menjaga kualitas produk
Packaging juga akan menjaga kualitas sebuah produk, sebab produk yang tidak disertai dengan kemasan / pelindung tentu akan lebih mudah rusak dan terkontaminasi oleh lingkungan sekitarnya. Ditambah lagi bila itu produk makanan atau minuman yang mengharuskan kondisi yang steril.
4. Dapat memberikan persepsi bagus
Packaging bisa memberikan pandangan atau persepsi baik bagi seseorang terhadap suatu produk. Membuat packaging dengan desain yang baik tentu akan mempengaruhi persepsi seseorang terhadap sebuah produk tersebut. Sehingga, dalam pastikan dalam menentukan desain packaging produk harus juga melalui percobaan/riset terlebih dahulu supaya bisa memunculkan persepsi yang sesuai keinginan.
5. Dapat memberikan kesan mewah bagi konsumen
Umumnya di beberapa jenis produk memiliki packaging yang cukup mewah seperti halnya kue, minuman maupun jenis produk yang lain. Dengan kemasan yang terlihat mewah tentu akan menjadi kebanggaan tersendiri untuk konsumen saat produk tersebut dibawa olehnya.
Apabila melihat dari beberapa fungsi diatas kita bisa berkesimpulan bahwasanya packaging suatu produk yang baik juga akan sangat berpengaruh ke sisi produknya itu sendiri dan dari sisi konsumennya.
Was this helpful?
2 / 0